Tipe-Tipe Pelajar di Sekolah

Pernah ga di sekolah kalian nemuin teman yang berangkat sekolah niatnya cuma mau ketemu temen-temen dan dapet uang jajan? Atau ada temen kalian yang ke sekolah cuma buat ketemu gebetannya? Kali ini gue, sebagai anggota dari gabungan anak gaoel dan demen narsis bakal memberi tahu tentang tipe-tipe pelajar yang ada di sekolah. Mungkin salah satu diantara tipe ini ada yang melekat di diri kamu atau di diri teman-teman disekitarmu. Coba deh di read dulu. 




Menimba Ilmu.
Pelajar yang mempunyai tipe ini adalah pelajar yang fokus pada menimba ilmu. Ke sekolah niatnya memang untuk mencari ilmu, dan kurang tertarik pada yang namanya jatuh cinta atau bersenda-gurau bareng teman-teman. Tipe ini kebanyakan berpenampilan rapih, rata-rata memakai kacamata dengan berwajah polos-polos-culun dan so serius mirip rak perpustakaan. Kalau jalan biasanya sambil ngapalin materi atau rumus pelajaran, sampe-sampe lupa tujuan dia jalan itu mau ngapain. Biasanya pelajar tipe ini kurang disukain sama temann sekelasnya karena cenderung individualis dan ga kompak sama temannya yang lain. Misalnya kalau dikelas dia selalu ngingetin guru yang lupa buat bahas PR. Waktu ujian selalu pura-pura bolot pas dipanggil temannya buat minta contekan. Tapi kalau dia udah bingung dan blocked thinking, baru deh dia minta contekan ke teman yang lainnya. Kadang curang, kadang tenang.

Pintar Ngeles.


Pelajar yang mempunyai predikat tipe ini, biasanya jago ngomong, speech to individual-nya baik, dan cerdas (walaupun ga pinter). Semisal ditanya masalah tentang pelajaran IPA, dia pasti punya alasan untuk bagaimana membuat orang yang disekitarnya percaya akan pengetahuan ilmu IPA yang dia miliki. Padahal diantara apa yang dijelaskan beda dengan yang ada dibuku. Tapi karena dia pintar ngeles, apapun hal yang gak masuk diakal pasti dicoba untuk dimasuk-masukin ke materinya. Mereka juga selalu punya jurus argumen untuk alpa atau pura-pura sakit biar bisa bolos pelajaran.

Tukang Tidur.
Di setiap-tiap kelas pasti kita bakal menemukan pelajar tipe ini. Mereka sering jadi inceran guru killer yang merasa hidupnya hampa kalo ga ngomelin murid di tiap kelas dia ajar. Waktu mereka buat tidur kadang pas jam atau saat guru sedang menjelaskan rumus dengan serius, menjelaskan satu per satu hingga sampe ke ulu detail-nya yang bikin murid bosen dan ngantuk.



Mereka suka mengambil posisi yang tepat untuk tidur diantaranya adalah: pojok kanan belakang, pojok kiri belakang, deket tembok, dan deket jendela. Kalau dimeja ada bekas basah dan bau iler, itu pasti bangku pelajar tipe ini. Ciri-ciri yang menonjol mereka kalau datang sekolah suka mepet sama bel masuk. Pagi-pagi matanya merah kayak sharinggan karena suka begadang.

Berwirausaha.
Tipe ini lebih keren dari tipe lainnya menurut gue. Mereka bukan hanya belajar di sekolah namun juga berjualan untuk nambah-nambah uang jajan. Tipe ini selalu mempunyai sudut pandang yang bagus untuk mengambil suasana yang pas buat berjualan, misalnya waktu istirahat. Saat sebagian orang memanfaatkannya waktu istirahatnya untuk makan dan tidur, mereka memanfaatkannya untuk berjualan. Tapi kadang karena terlalu fokus berwirausaha, mereka lebih mentingin usahanya dibanding tugas yang diberi oleh guru. Kehadiran mereka mengubah suasana kelas jadi kayak pasar. Ada yang jual makanan, minuman, pulsa, pakaian, gadget, sampe kredit motor juga ada. Bahkan contekan juga dia usahain, biar jadi duit.

Tukang Makan Diam-diam.
Yuhuuu! Tipe ini pasti secara tidak langsung ada di kelas kita. Tipe ini amat begitu cerdik menipu. Mereka selalu minta izin buat pergi ke wc pada saat belajar. WC yang dimaksud bukan toilet, tetap Warung Cekolah. Mereka pergi ke kantin atau koperasi siswa buat beli cemilan yang bakal dimakan sewaktu pelajaran sedang berlangsung. Di kelas, mereka pun cerdik mengambil waktu untuk bisa memakan cemilan yang sudah dibeli. Waktu guru nulis di papan tulis, mereka ngebuka dan makan cemilan yang mereka beli. Pas guru menjelaskan ke arah murid, cemilan tadi mereka umpetin di kolong meja. Kalau ketauan sama teman yang lain, mereka bakal ngebagi cemilannya asal ga dilaporin ke ke guru. Cerdas!

Sekolah Untuk Pacaran.
Ah, tipe ini mah pasti selalu ada disetiap sekolah, negeri maupun swasta, di Indonesia maupun di dunia. Mereka adalah yang semangat buat sekolah biar bisa-ketemu-si-pujaan-hati. Sesampai mereka di sekolah, mereka langsung lekas berangkat ke kelas si pujaan hati. Untuk apa? Untuk ketemu si pujaan hati cuma buat mengucapkan selamat pagi padanya. Sewaktu pembelajaran sedang berlangsung, mereka tidak berhenti-henti untuk memikirkan si dia yang sedang apa disana, udah makan belum, udah ngerjain tugas lks halaman 74 belum. Yaelah. Pas istirahat, mereka janjian buat makan bareng, suap-suapan. Pas pulang sekolah, mereka pasti menunggu si pujaan hati buat bisa pulang bareng. Pokoknya apapun tentang si pujaan hati. Kalau sudah putus? Baru deh tersadar bahwa sekolah bukan hanya masalah tentang pacaran, namun melebih dari itu.

Tukang Sulap
Tukang sulap disini maksudnya membuat yang ada menjadi tiada. Misalnya, pulpen yang disimpan di meja, ditinggal kedip aja udah hilang ditelan bumi. Biasanya mereka dijuluki Panjang Tangan sama teman kelasnya, tapi biar lebih keren mereka menjuluki dirinya sendiri sebagai si Cepat Kilat. Biasanya pulpen yang disulap ini hanya mereka pakai di rumah dan diluar kelas, biar gak ketahuan bahwa yang malingnya adalah dia. 


Tipe ini juga mempunyai pengelihatan mata yang sangat tajam dan begitu pun kesempatan untuk mengambilnya. Sungguh  salut!

Nah, itu adalah sebagian tipe-tipe pelajar yang ada di sekolah. Kalau kalian tipe pelajar yang kayak gimana? Atau punya tipe pelajar yang lain yang kalian tau?

0 komentar:

Posting Komentar